• Sun. Apr 21st, 2024

Gamerr World

Website Penyedia Informasi Game PC, Mobile dan Konsol Terkini

Epic Games Tuntut Apple Terkait Komisi App Store

Byadmin

Mar 16, 2024 #Apple, #Epic Games
Epic Games Tuntut Apple Terkait Komisi App Store

Epic Games, pengembang permainan populer seperti Fortnite, telah mengajukan tuntutan terhadap Apple terkait kebijakan komisi yang diterapkan di App Store. Tuntutan ini merupakan bagian dari perselisihan yang sedang berlangsung antara Epic Games dan Apple, yang telah berlangsung sejak Agustus 2020.

Latar Belakang Perselisihan

Perselisihan antara Epic Games dan Apple berawal ketika Epic Games mencoba untuk menghindari pembayaran komisi 30% yang dikenakan oleh Apple untuk setiap transaksi in-app di Fortnite. Epic Games menciptakan sistem pembayaran dalam permainan yang mengabaikan sistem pembayaran Apple, sehingga mengakibatkan Apple menghapus Fortnite dari App Store.

Epic Games segera menanggapi dengan mengajukan tuntutan terhadap Apple, mengklaim bahwa Apple memiliki monopoli dalam distribusi aplikasi di platform iOS dan menyalahgunakan kekuatannya dengan menerapkan komisi yang tidak adil. Epic Games juga mengklaim bahwa Apple melanggar Undang-Undang Persaingan Usaha yang berlaku.

Isu Kunci

Isu kunci dalam perselisihan ini adalah kebijakan komisi 30% yang diterapkan oleh Apple di App Store. Epic Games berpendapat bahwa komisi ini terlalu tinggi dan tidak adil, sementara Apple berpendapat bahwa komisi tersebut diperlukan untuk mendukung pengembangan dan pemeliharaan App Store.

Epic Games juga menuduh Apple memiliki monopoli dalam distribusi aplikasi di platform iOS, karena tidak ada alternatif lain untuk mengunduh aplikasi di iPhone atau iPad selain melalui App Store. Mereka berpendapat bahwa ini memberikan Apple kekuatan untuk menentukan aturan dan komisi yang tidak adil.

Dampak Terhadap Industri

Perselisihan antara Epic Games dan Apple memiliki dampak yang luas terhadap industri permainan dan distribusi aplikasi. Banyak pengembang permainan dan aplikasi lainnya yang juga mengeluhkan kebijakan komisi Apple yang tinggi dan monopoli distribusi di platform iOS.

Jika Epic Games berhasil dalam tuntutannya, ini dapat membuka pintu bagi perubahan dalam kebijakan komisi Apple dan memberikan alternatif bagi pengembang untuk mendistribusikan aplikasi mereka di platform iOS. Namun, jika Apple keluar sebagai pemenang, ini dapat mengukuhkan posisi mereka dalam mengatur aturan dan komisi di App Store.

Perselisihan antara Epic Games dan Apple terkait komisi App Store adalah isu yang kompleks dan memiliki dampak yang signifikan terhadap industri permainan dan distribusi aplikasi. Sementara Epic Games berusaha untuk mengurangi komisi yang dikenakan oleh Apple, Apple mempertahankan kebijakan komisinya dengan alasan untuk mendukung pengembangan dan pemeliharaan App Store.

Keputusan akhir dalam perselisihan ini akan memiliki konsekuensi yang luas bagi industri dan mungkin mengubah lanskap distribusi aplikasi di platform iOS. Kita harus menunggu dan melihat bagaimana perkembangan perselisihan ini dan bagaimana keputusan akhir akan mempengaruhi industri secara keseluruhan.

By admin